26 Februari 2015

Memilih Parfum Sesuai Klasifikasi Grup Aroma



Bicara mengenai parfum tidak akan pernah ada habisnya. Semakin ingin mengenalnya lebih dalam, semakin banyak detil yang bisa Anda ketahui dan kenali. Di tulisan yang lalu sudah diulas mengenai pemilihan parfum sesuai zodiak, dan kali ini tidak kalah menarik dengan ulasan mengenai pemilihan parfum sesuai klasifikasi grup aroma. Seberapa jauh sih Anda mengetahui aroma apa yang mewakili parfum Anda?
Apakah itu floral, woody, oriental, citrus, aromatic, chypre atau leather?
Pemilihan kelompok aroma parfum tersebut bisa mempermudah Anda dalam proses pencarian parfum, baik untuk dipakai sendiri, untuk dihadiahkan ke orang lain atau bahkan sebagai penambahan koleksi parfum Anda. Masing-masing kelompok aroma tersebut masih terbagi lagi menjadi aroma yang lebih spesifik. Jadi, tidak hanya mengandalkan penciuman dari hidung saja, setidaknya kita jadi lebih dibekali dengan sedikit pengetahuan mengenai grup aroma. Terdengar mudah yah? Mari teruskan membacanya.


Termasuk dalam kelompok aroma terbesar yang meliputi berbagai versi komposisi bunga: freshly picked flowers (bunga yang baru dipetik), flowers with aquatic (bunga dengan air), green or powdery nuances (rumput/dedaunan atau variasi bubuk/serbuk), floral-aldehyde (bunga-aldehida), floral-fruity (bunga-buah) and gourmand compositions (komposisi makanan). Adapun parfum yang termasuk dalam kelompok Floral adalah: Bvlgari Pour Femme, Calvin Klein Eternity, Carolina Herrera CH L’Eau, Chloé Roses de Chloé, Chloé EDT, Givenchy Amarige, Givenchy Eaudemoiselle, Hermès Jour d’Hermès dan Jimmy Choo Flash.

Floral Aldehyde

Penemu kelompok aroma ini adalah Ernest Beaux untuk rumah mode Chanel di tahun 1921 yang terdapat dalam parfum Chanel No.5 yang sangat terkenal. Komposisi bunga dalam parfum Chanel No.5 termasuk rumit, yang menggabungkan dosis besar aldehida, yaitu sebuah komponen sintetis/organik metanal (formaldehida) dan etanal (asetaldehida).

Floral Aquatic

Komposisi aroma segar yang mencakup kesegaran air laut atau bunga air dan rempah-rempah. Dapat ditemukan pada parfum wanita: Calvin Klein Escape, Giorgio Armani Acqua di Gioia dan Issey Miyake L’Eau D’Issey.

http://ambong.com

Floral Fruity

Parfum beraroma floral fruity telah membanjiri pasar sejak pertengahan tahun 1990, sebagai dasar dari peremajaan pengguna parfum saat itu dan sebagai akibat dari adanya demokratisasi industri. Komposisi kelompok ini adalah menyegarkan, ringan, dan ceria, dengan sentuhan manisnya buah. Ruang lingkup kelompok aroma floral fruity terus-menerus diperluas. Dapat ditemukan pada parfum wanita: Burberry Brit Sheer, Carolina Herrera 212 NYC, Carolina Herrera 212 VIP Rosé, Share Lines dari Hermès Un Jardin Surle Nil, Hugo Boss Hugo XX, Marc Jacobs Daisy Eau So Fresh, Marc Jacobs Oh, Lola! dan Paco Rabanne Lady Million.

Floral Fruity Gourmand

Berbagai wewangian floral fruity terus-menerus diperluas, dengan ditambahnya aroma makanan seperti karamel, gula, cokelat, permen dan lain-lain ke dalam kategori khusus. Kelompok aroma ini ada pada parfum wanita: Lancôme La Vie Est Belle.

Floral Green

Aroma hijau rumput dan daun memperkenalkan kesegaran dan agak pahit dalam komposisi bunga, meninggalkan kesan seperti bunga yang baru dipetik.

Floral Woody Musk

Dominasi bunga yang diperkaya dengan keserasian kayu dan/atau musky di grup ini, yang menambahkan ketajaman dan kehangatan, serta bubuk/serbuk ke seluruh komposisi. Bisa ditemukan pada parfum wanita: Boucheron Place Vendôme EDT, Bvlgari BLV, Bvlgari Au The Blanc (unisex), Hermès Kelly Calèche EDT, Marc Jacobs Daisy, Nina Ricci Mademoiselle Ricci, dan YSL Parisienne EDP.


Komposisi aroma kayu yang melekat di aroma akhir sebuah parfum. Hangat, harum cendana yang misterius, cedar dan vetiver kering dan tajam, serupa damar dan sejenis balsam dengan aroma eksotis dan biasanya disertai dengan harum aromatik dan citrus.

 

Woody Aquatic

Jenis komposisi parfum yang diformulakan untuk menyatukan aroma kayu dengan kesegaran perpaduan aromatik dan air. Dapat ditemukan pada parfum pria: Azzaro Chrome Sport dan Paco Rabanne Invictus.

Woody Aromatic

Sebuah perpaduan sangat maskulin antara kayu dan aromatik adalah karakteristik dari wewangian untuk pria. Aroma tengah dan akhir dilimpahi rempah aromatik. Temukan aroma ini di parfum: Burberry The Beat, Bvlgari Man Extreme, Calvin Klein Euphoria, Gucci Guilty Pour Homme, Hugo Boss Bottled Night, Hugo Boss Hugo XY, Issey Miyake L’Eau D’Issey Pour Homme Sport, Paco Rabanne Black XS L’Excess for Him.

http://ambong.com

Woody Chypre

Lumut ek dan labdanum, komposisi tradisional untuk kelompok chypre, digabungkan dengan aroma kayu yang dominan dan menghasilkan aroma yang sangat mewah dan intensif. Dapat ditemukan di Hermès Terre d’Hermès EDP.

Woody Floral Musk

Didominasi aroma kayu dan memiliki aroma awal bunga yang indah seperti violet dan freesia, serta aroma akhir musky. Temukan di: Bvlgari Pour Homme, Carolina Herrera 212 Men, Share Lines Hermès Voyage d’ Hermès, Paco Rabanne XS Pour Homme, YSL L’Homme.

Woody Spicy

Aroma lembut dan menyenangkan dari kayu nan eksotis selaras dengan kehangatan rempah-rempah pahit seperti lada, cengkeh, pala atau kayu manis, seperti Bvlgari BLV Pour Homme, Chanel Egoiste, Hermès Terre d’Hermès EDT, Share Lines Hermès Un Jardin Apres La Mousson, Paco Rabanne 1 Million.


Wewangian Oriental yang didominasi oleh amber ditempatkan dalam kelompok terpisah. Menekankan pada kehangatan dan sensualitas. Untaian kemewahan aroma intensif dan tajam seperti musk, vanila, damar eksotis dan kayu, sering disertai dengan bunga-bunga dan rempah-rempah eksotis.

Oriental Floral

Manis, hangat dan diakhiri dengan bubuk khas di grup ini selaras dengan bunga seperti gardenia, tuberose, tiare atau dengan aroma pedas anyelir. Inilah pilihan parfum wanita untuk grup Oriental Floral: Boucheron Place Vendôme EDP, Calvin Klein Euphoria Women, Carolina Herrera 212 Sexy, Carolina Herrera CH, Gucci Guilty, Lancôme Trésor, Paco Rabanne Black Excess L’Excess For Her, Paco Rabanne Ultraviolet, Prada L’Eau Ambrée, Swarovski Aura EDP, Swarovski Aura EDT, Valentino Valentina.

Oriental Fougere

Keserasian komponen oriental (kayu hangat dan aroma rempah pedas) disegarkan dengan aromatik lavender, rosemary, coumarin dan lumut ek, ada di Carolina Herrera Sexy Men, Jean Paul Gaultier Le Male, Prada Amber Pour Homme (Prada Man).

Oriental Spicy

Rempah-rempah pedas dan sensual seperti kayu manis, cengkeh dan pala bersatu dengan bahan oriental, seperti kayu dan damar. Temukan di: Carolina Herrera CH Men, Giorgio Armani Code, Hugo Boss Soul, Hugo Boss Red, Prada Luna Rossa Extreme.

Parfum Asli dari Eropa

Oriental Vanilla

Kelompok ini menyatukan aroma parfum manis, didasari pada keselarasan aroma oriental (kayu, damar, bunga dan rempah-rempah) dengan komponen manis dari karamel, vanili, coklat, almond, madu. Parfum wanita ini masuk dalam kelompok Oriental Vanilla: Carolina Herrera 212 VIP Women, Hermès L’Ambre Des Merveilles, Prada Candy, Thierry Mugler Angel EDT – refillable, Thierry Mugler Angel Shooting Star EDP – refillable, Thierry Mugler Angel Star EDP – non refillable, Thierry Mugler Angel Rising Star EDP – refillable.

Oriental Woody

Bahan oriental tradisional diperkaya dengan keselarasan kayu cendana hangat atau dengan aroma yang lebih kering dari cedar atau vetiver. Termasuk dalam grup ini adalah: Burberry Brit Men, Carolina Herrera 212 VIP Men, Paco Rabanne Black XS, Thierry Mugler A*Men, Thierry Mugler Alien Women EDP, Thierry Mugler Alien Essence Absolue Women.


Wewangian citrus (jeruk) sudah ada sejak dahulu kala dan sangat berlimpah. Komposisinya didasarkan pada lemon, jeruk, bergamot, grapefruit atau jeruk mandarin. Digolongkan lagi dengan aroma jeruk yang lebih tajam, asam dan aromatik untuk pria dan aroma bunga untuk wanita.
Citrus Aromatic Aroma jeruk yang tergabung dalam herbal aromatik (lavender, rosemary, jintan, mint): Azzaro Chrome, Prada Luna Rossa.

Citrus Gourmand

Kelompok ini mencakup citrus manis (jeruk nipis, jeruk), serta jeruk citrus lainnya, baik manis karena gula atau tergabung dengan vanili, karamel dan bunga manis.


Aromatik biasanya digabungkan dengan sage, rosemary, jintan, lavender dan tanaman lainnya yang memiliki aroma rumput pedas yang sangat intensif, dan juga sering digabungkan dengan aroma citrus dan pedas. Komposisi aromatic adalah khas wewangian untuk pria: Hugo Boss Bottled Sport.

Aromatic Aquatic

Komposisi kelompok ini mencakup kesegaran air laut dan kebanyakan ditemukan pada wewangian untuk pria: Bvlgari Aqva Pour Homme Marine, Giorgio Armani Acqua di Gio, Kenzo Pour Homme.

Aromatic Fougere

Kata fougere berasal dari Prancis yang berarati pakis. Coumarin dapat ditemukan di pusat komposisi. Penggagas parfum dalam kelompok ini adalah Fougere Royal dari rumah mode Houbigant, yang diciptakan oleh Paul Parket tahun 1882. Parfum yang diekstraksi dari komponen coumarin sintetis dan digunakan dalam parfum untuk pertama kalinya. Coumarin dapat ditemukan di alam bebas dan di beberapa tanaman, seperti kacang Tonka, dan memiliki aroma intensif seperti rumput yang baru dipotong. Komposisi Fougere termasuk aroma lavender, geranium, lumut dan kayu. Kelompok ini terutama mencakup parfum untuk pria, seperti: Azzaro Pour Homme, Calvin Klein Eternity.

Kelompok ini relatif baru, yang meliputi sebagian besar wewangian untuk pria dan wewangian unisex yang terdiri dari komponen aromatik dan buah segar dan memberikan kesan segar, lembab dan eksotis, seperti Hermès Un Jardin Sur Le Toit.

Aromatic Green

Komposisi kelompok ini menonjolkan aroma hijau rumput atau daun, selain komponen aromatik (lavender, rosemary, kayu).

Aromatic Spicy

Kelompok aroma ini terutama mencakup wewangian untuk pria. Kombinasi rempah-rempah dan komponen aromatik biasanya meninggalkan kesan segar dan dingin: Carolina Herrera CH Men Sport.


Kelompok aroma ini diberi nama setelah parfum Coty Chypre diciptakan tahun 1917. Chypre dalam bahasa Perancis berarti Siprus. Aroma tajam ini didasarkan pada keselarasan lumut ek, labdanum, nilam dan bergamot.

http://ambong.com

Chypre Floral

Bunga seperti mawar, lily of the valley atau melati merupakan komponen tradisional dalam komposisi Chypre: Carolina Herrera Sublime, Balmain Ivoire, Givenchy Very Irresistable Givenchy L’Intense, Valentino Valentina Assoluto.

Chypre Fruity

Komposisi kelompok chypre berpadu sempurna dengan aroma buah seperti peach, aprikot, stroberi hutan atau buah-buahan eksotis, yang memiliki aroma yang hangat dan mewah: Burberry Body.


Aroma kulit dari berbagai komposisi, dari bunga, beludru yang asam dan berasap ditempatkan dalam grup ini. Mewangi produk kulit untuk menutupi aroma yang tidak menyenangkan dari kulit itu sendiri, karena air seni dan kotoran ternak, serta darah dan getah tembakau telah digunakan dalam produksi kulit tradisional, menandai awal dari industri parfum. Kelompok ini ada pada Valentino Uomo.

Nah, itulah beberapa klasifikasi grup aroma yang ada dalam dunia perparfuman, lumayan kan setidaknya jadi tahu klasifikasi kelompok aroma yang ada dalam kandungan sebuah parfum. Semoga terbantu yah..:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai sobat blogger, aku akan membalas komentar sobat.

Movie & TV Show Preview Widget

Book Author : Dostoyevsky